Hasil Polandia vs Slovakia: Lewandowski Cs Kalah 1-2

oleh
oleh
polandia-slovakia-euro-2020_169

Jakarta, KRSUMSEL.com – Meski lebih mendominasi permainan, Polandia mengawali Euro 2020 dengan kekalahan dari Slovakia. Gol Milan Skriniar memastikan kemenangan Sokoli dengan skor 2-1.

Laga Polandia vs Slovakia yang membuka Grup E Piala Eropa 2020, digelar di Krestovsky Stadium, Senin (14/6/2021) malam WIB. Polandia menunjukkan niat untuk menguasai laga sejak selepas sepak mula.

Tapi gol bunuh diri Wojciech Szczesny di menit ke-18 membuat situasi sulit. Slovakia menjadi cukup nyaman mengontrol lewat pertahanan mereka. Skor 1-0 untuk keunggulan Slovakia bertahan sampai babak pertama tuntas.

Polandia lantas menghidupkan peluang di awal babak kedua. Karol Linetty menyamakan skor di menit ke-46. Tapi momentum itu kemudian rusak oleh kartu merah Grzegorz Krychowiak di menit ke-62.

Hanya berselang tujuh menit dari kartu merah itu, Slovakia kembali unggul. Milan Skriniar menuntaskan skema sepak pojok untuk menjebol gawang Polandia, sekaligus memenangkan timnya.

Dengan hasil ini, Slovakia sementara memimpin Grup E Piala Eropa 2020 dengan tiga poin dan Polandia di dasar klasemen. Dua tim lain di grup ini, Spanyol dan Swedia, akan berhadapan di La Cartuja, Spanyol, Selasa (15/6) dini hari WIB.

Jalannya Pertandingan

Polandia memulai dengan intensi untuk menguasai pertandingan. Robert Lewandowski melepaskan dua percobaan di awal laga, namun dua-duanya diblok bek Slovakia.

Slovakia merespons dengan aksi Ondrej Duda, yang memotong dari kiri ke tengah. Sepakan kaki kanannya meluncur deras namun cuma melebar.

GOL! Slovakia unggul di menit ke-18. Tusukan Robert Mak usai melewati Bartosz Bereszynski dan Kamil Jozwiak diakhiri dengan sepakan, yang gagal dihentikan dengan baik oleh Wojciech Szczesny.

Bola membentur kiper Polandia itu dan masuk ke gawang, sehingga tercatat sebagai gol bunuh diri.

Slovakia kembali menebar ancaman di menit ke-27, ketika Juraj Kucka menerima bola sapuan dari pertahanan Polandia. Tendangan kerasnya meluncur ke atas gawang.

Slovakia menyerang dari kanan di menit ke-33. Umpan silang Peter Pekarik disambut sundulan Kucka dan bola mengarah tepat ke Szczesny.

Sebuah kesalahan koordinasi antara Jakub Hromada dan Kucka membuat bola direbut Grzegorz Krychowiak di menit ke-34. Krychowiak melepaskan tembakan yang belum mengarah ke gawang karena bola eksekusinya melambung.

Tak lama kemudian Zielinski mendapatkan celah dan segera menembak. Tendangannya melenceng ke kanan gawang.

Di menit ke-42, Polandia mendapatkan kesempatan. Umpan Maciej Rybus diterima Lewandowski di dalam kotak penalti, namun sepakannya melebar. Babak pertama selesai.

Belum semenit babak kedua berjalan, Polandia menyamakan kedudukan. Menusuk dari kiri, Rybus mengirimkan umpan silang mendatar yang disambar Karol Linetty ke pojok kanan bawah gawang.

Linetty mendapatkan peluang lain di menit ke-51, saat menyambut umpan dari Klich. Kali ini sepakannya terlalu lemah untuk menaklukkan Martin Dubravka.

Kartu merah! Polandia kehilangan Krychowiak di menit ke-62 setelah menerima kartu kuning kedua akibat melanggar Hromada.

GOL! Slovakia langsung memaksimalkan keunggulan jumlah pemain untuk kembali unggul. Berawal dari sepak pojok, umpan lambung mulanya disundul Hamsik dan jatuh ke kaki Milan Skriniar. Skriniar tanpa berlama-lama menceploskan bola ke dalam gawang.

Sebuah upaya Polandia dari sepakan Puchacz cuma melambung pada menit ke-85. Peluang lain didapatkan pada menit ke-91, ketika sepakan Jan Bednarek masih melebar.

Di menit ke-93, Lewandowski lolos dari tekanan dua bek dan mengoper ke Swiderski. Namun penyelesaian dari Swiderski tepat mengarah ke kiper. Laga usai untuk kemenangan Slovakia.

Susunan pemain:

Polandia: Wojciech Szczesny; Bartosz Bereszynski, Kamil Glik, Jan Bednarek, Maciej Rybus (Puchacz 74′); Karol Linetty (Frankowski 74′), Grzegorz Krychowiak, Mateusz Klich (Moder 85′); Kamil Jozwiak, Robert Lewandowski, Piotr Zielinski (Swiderski 85′)

Slovakia: Martin Dubravka; Peter Pekarik (Koscelnik 79′), Lubomir Satka, Milan Skriniar, Tomas Hubocan; Jurak Kucka, Jakub Hromada (Hrosovsky 79′); Lukas Haraslin, Marek Hamsik, Robert Mak (Suslov 87′); Ondrej Duda.(*)

SUMBER