Korut Mundur di Kualifikasi Piala Dunia, Ada Imbas buat Skuad Garuda?

oleh
oleh
pemusatan-latihan-timnas-u-19-2

Jakarta, KRSUMSEL.com – Korea Utara mundur dari Kualifikasi Piala Dunia 2022 per pengumuman AFC pada, Minggu (16/5/2021). Ada pengaruhnya buat para peserta termasuk Timnas Indonesia?

Berbagai laporan menyebut bahwa Korea Utara mundur karena pandemi COVID-19. Para pemain Korea Utara disebut belum melakukan vaksin sehingga enggan untuk mengambil risiko.

Pasukan Yun Jong-su sebelumnya tercatat sebagai peserta Grup H dengan torehan delapan poin dan bertengger di peringkat keempat. Lanjutan Grup H diputuskan AFC digelar di Korea Selatan yang terpilih sebagai lokasi sentralisasi.

Mundurnya Korea Utara akan berpengaruh terhadap seluruh peserta kualifikasi Zona Asia. Setidaknya ada dua skenario yang diprediksi akan terjadi.

Media Vietnam, Vietexplorer, menyebut bahwa torehan poin Korea Utara akan dihapus sehingga mereka otomatis menjadi juru kunci Grup H. Nah pertandingan para peserta yang menghadapi Korea Utara sebelumnya juga dianggap tak pernah digelar.

Otomatis poin-poin yang diraih peserta dari Korea Utara juga akan dibatalkan. Nah, hal yang sama juga akan kemungkinan berlaku di grup-grup lainnya dimana pertandingan melawan juru kunci dari masing-masing grup juga akan dihapus.

Di atas adalah skenario pertama. Skenario kedua, semua peserta Grup H akan dihadiahi kemenangan 3-0 atas Korea Utara.

Sekjen AFC asal Malaysia Dato Windsor John juga mengungkapkan kemungkinan terjadinya skenario pertama. Jika itu terjadi, peserta Grup G, yang diisi Vietnam, Malaysia, Thailand, Uni Emirat Arab, dan Indonesia, juga akan terkena imbasnya.

Semua pertandingan melawan Timnas Indonesia peserta Grup G akan dianggap tak pernah terjadi. Karena Timnas Indonesia saat ini menduduki peringkat buncit Grup G tanpa meraih satu poin pun akibat kalah di lima pertandingan.

“Jika merujuk peraturan AFC, memang semua poin dari laga melawan tim juru kunci tidak akan dianggap. Begitu kalau aturan AFC, tapi kan ini ajang FIFA,” kata Dato Windsor John dikutip dari media MalaysiaHarian Metro.

Sementara itu, Timnas Indonesia tak akan mendapatkan dampak dari mundurnya Korea Utara jika tetap menjadi tim juru kunci sampai akhir babak kualifikasi. Pasukan Garuda pun sudah tak tertutup peluangnya untuk melaju ke babak selanjutnya di babak kualifikasi.

Tapi Adam Alis Cs masih harus berjuang pada tiga lanjutan di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA) pada 3-11 Juni mendatang. Hasilnya akan mempengaruhi nasib Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023. Karena Kualifikasi Piala Dunia ini juga bertindak sebagai Kualifikasi Piala Asia.(aff/ran)

SUMBER