Kapolda Sumsel : Untuk Memutuskan Mata Rantai Covid -19 Harus Bersama Sama

oleh
IMG-20210507-WA0011

PALEMBANG,KRSumsel.com – Kepolisian Polda Sumsel bersama Kepolisian Polrestabes Palembang, TNI dan Pemerintah Kota serta instansi terkait bakal bersama-sama menekan penyebaran Covid-19 di wilayah Palembang yang ditetapkan sebagai zona merah.

Kapolda Sumsel, Irjen Pol Prof Dr Eko Indra Heri S mengatakan, bahwa kasus ini terus meningkat di wilayah Palembang di momen libur.

“Palembang menjadi zona merah hingga saat ini kasus Covid-19 ini terus meningkat, dimana momennya di saat libur karena di momen itu terjadi kerumunan yang mengakibatkan perkembangan virus itu terjadi,” ujarnya disela-sela Rapat koordinasi terkait pemberlakuan PPKM skala mikro dan pengamanan antisipasi kerumunan, Jumat (7/5/2021).

Kerumunan sendiri saat masyarakat melakukan kegiatan seperti mudik, shalat di masjid, hingga terjadi kepadatan di mall sehingga terjadinya peningkatan kasus terkena dampak dari Covid-19.

“Ya oleh karena itu kita bersama-sama untuk menekan penyebaran Covid-19 ini di Palembang yang termasuk zona merah tidak hanya kita tapi juga TNI, pemerintah maupun instansi terkait hingga masyarakat guna menekan penyebaran Covid-19 dan mengutamakan protokol kesehatan,” katanya.

Tidak hanya Palembang Zona merah tapi ada Kota Prabumulih dan Ogan Komering Ulu (OKU) Timur juga zona merah sedangkan Kapupaten/kota di Sumsel masuk zona kuning dan orange.

“Kalau untuk tingkat kecamatan sendiri di Kota Palembang dari data yang kita dapatkan bahwa dari 18 Kecamatan cuma Kertapati zona kuning dan Sematang Borang zona orange,” tambahnya” tutupnya.

Sementara ditempat yang sama, Kapolrestabes Palembang, Kombes Pol Irvan Prawira Satyaputra melalui Wakapolrestabes, AKBP Andes Purwanti menambahkan daerah Palembang merupakan daerah yang tidak biasa.

“Dalam dua Minggu terakhir ini kita melakukan berbagai kegiatan untuk menekan Penyebaran Covid-19 ini tapi usaha yang kita lakukan belum maksimal karena Palembang masih zona merah”ujarnya.

Berdasarkan data BNPB pusat per13 April lalu Palembang zona merah di ikuti beberapa kecamatan di Palembang tapi hanya Kertapati dan Sematang Borang yang saat ini aman tidak zona merah.

“Untuk itu kita akan terus melakukan berbagai kegiatan seperti 3T dan 5M, patroli himbauan, pembubaran cafe yang tidak memenuhi prokes, operasi Yustisi, pembagian masker dan penutupan sementara tempat wisata,” jelasnya.

Senadanya juga disampaikan oleh Walikota Palembang, Harnojoyo mengatakan, bahwa kebersamaan adalah solusi yang sangat tepat memutus penyebaran Covid-19 ini di wilayah Palembang.

“Saya sangat mendukung apa yang telah dilakukan ini tapi untuk memutusnya perlu kebersamaan, jadi dengan kebersamaan lah bisa memutus dan membebaskan Palembang dari Zona merah,” tutupnya. (Kiki)