Suporternya Demo, MU Terancam Sanksi Pengurangan Poin

oleh
oleh
manchester-united_169

Manchester, KRSUMSEL.com -Suporter Manchester United menggelar demonstrasi, yang berujung penundaan laga melawan Liverpool. Kini Setan Merah bisa terancam pengurangan poin.

Laga MU vs Liverpool seharusnya digelar di Old Trafford, Minggu (2/5/2021) waktu setempat. Namun, big match tersebut batal digelar.

Penyebabnya adalah ratusan suporter MU masuk ke lapangan. Fans tuan rumah menggelar protes, meminta pemilik klub, Keluarga Glazer, mundur.

Demonstrasi juga terjadi di luar area stadion Old Trafford. Bahkan, fans dan polisi sempat bentrok, yang mengakibatkan satu orang ditangkap dan enam polisi luka-luka.

Hukuman pengurangan poin memang diatur Premier League. Dalam buku aturan Premier League, Pasal K14 menyebut bahwa klub tuan rumah harus memastikan para pemain dan ofisial pertandingan dapat masuk dan keluar stadion dengan aman, serta lingkungannya aman untuk memainkan pertandingan.Imbas kejadian itu, MU bisa kena sanksi. Menurut Daily Mail, tim asuhan Ole Gunnar Solskjaer terancam pengurangan poin hingga denda.

Pasal K13 juga menyatakan, bahwa pintu masuk pemain serta area parkir dan titik masuk harus diawasi atau dijaga dengan baik.

Dan Premier League bisa membuat Komisi untuk menentukan hukumannya, sesuai tingkat pelanggarannya, yang diatur dalam Pasal W49. Hukumannya dari berupa teguran, denda, menangguhkan pertandingan, pengurangan poin, replay, hingga mencoret dari liga.

Yang membuat rumit, FA juga punya aturan yang merujuk pelanggaran itu. Menurut buku peraturan FA, regulasi E20 mengatakan, klub bertanggung jawab atas pendukung mereka, dan dapat dihukum atas perilaku tidak pantas, kasar, mengancam, kasar, tidak senonoh, termasuk melempar benda.

FA juga bisa membentuk komisi regulasi untuk menyelidiki dugaan pelanggaran aturan. Jika terbukti, klub bisa mendapat peringatan, menangguhkannya dari aktivitas sepakbola, hingga menjatuhkan denda penutupan lapangan.

MU sendiri kini masih berada di peringkat dua klasemen Liga Inggris denga 67 poin. Jika dikurangi, maka Bruno Fernandes dkk bisa terjun bebas, sebab para pesaing menempel ketat di bawahnya.(*)

SUMBER