Villarreal Vs Arsenal: Kapal Selam Kuning Redam Meriam London 2-1

oleh
oleh
spain-soccer-europa-league-2_169

Villarreal, KRSUMSEL.com – Villarreal mampu mengalahkan Arsenal 2-1 pada leg pertama semifinal Liga Europa. Kedua kubu sama-sama harus mengakhiri laga dengan 10 pemain.

Villarreal menghadapi Arsenal di Estadio de la Caramica, Jumat (30/4/2021) dini hari WIB. The Yellow Submarine unggul 2-0 di babak pertama.

Dua gol pasukan Unai Emery dibuat oleh Manu Trigueros pada menit ke-4 dan Raul Albiol pada menit ke-29. Selepas jeda, Arsenal harus bermain dengan 10 pemain.

Ini terjadi setelah Dani Ceballos mendapatkan kartu kuning kedua di menit ke-58. Kalah jumlah pemain Arsenal justru bisa menipiskan ketinggalan dari penalti Nicola Pepe di menit ke-73.

Pada menit ke-80, giliran Villarreal yang kehilangan pemain akibat Etienne Capoue mendapat kartu kuning kedua. 10 lawan 10 laga berlangsung sengit, tapi tak ada gol tambahan yang tercipta.

Villarreal berhasil meraih kemenangan 2-1. Meski demikian, hasil ini tak sepenuhnya aman untuk Villarreal.

Pasalnya, Arsenal punya tabungan satu gol tandang untuk menyongsong leg kedua di Emirates Stadium (7/5/2021). Hal ini membuat skuad Mikel Arteta hanya perlu menang 1-0 untuk lolos ke partai final.

Jalannya Pertandingan

Villarreal sudah mampu unggul ketika laga baru berjalan empat menit. Samuel Chukwueze menusuk dari sisi kanan. Ia bisa melewati Granit Xhaka dan Dani Ceballos di kotak penalti.

Gol!! Bola yang sedikit menjauhi kaki Chukwueze usai bermanuver langsung disambar oleh Manu Trigueros. Sepakannya tak mampu dibendung Leno untuk membawa Kapal Selam Kuning unggul 1-0.

Arsenal kemudian bermain sabar untuk mengejar ketertinggalan. Mereka mampu mendominasi penguasaan bola. Namun, lini belakang Villarreal tampil solid meredam serangan Meriam London.

Villarreal perlahan mampu keluar dari tekanan Arsenal. Mereka bisa menggandakan kedudukan di menit ke-29.

Gol!! Sepak pojok Daniel Parejo yang ditanduk Gerard Mereno menuju Raul Albiol di tiang jauh. Albiol dengan satu sontekan membobol gawang Arsenal. Skor berubah 2-0 untuk Villarreal.

Pada menit ke-34, wasit sempat menunjuk titik putih setelah Nicolas Pepa dilanggar oleh Juan Foyth. Namun, usai meninjau VAR keputusan ini dibatalkan karena Pepe handball terlebih dahulu.

Villarreal punya peluang menjauh di menit akhir babak pertama. Moreno yang terbebas dari pengawalan bisa melewati Leno. Saat tinggal melepaskan tembakan peluang terbuang karena Moreno hilang keseimbangan.

Hal ini membuat skor 2-0 untuk keunggulan Villarreal bertahan hingga turun minum.

Di awal babak kedua, situasi semakin sulit untuk Arsenal setelah Ceballos mendapat kartu kuning kedua di menit ke-58. Ia diusir wasit setelah menginjak kaki Daniel Parejo.

Villarreal Vs Arsenal: Kapal Selam Kuning Redam Meriam London 2-1 Dani Ceballos mendapat kartu merah di laga Villarreal vs Arsenal (AP Photo/Alberto Saiz) Foto: AP/Alberto Saiz

Unggul jumlah pemain, Villarreal semakin nyaman dalam membangun serangan. Chukwueze menghadirkan ancaman tiga menit berselang. Namun, Leno sigap mengamankan tembakan pemain asal Nigeria ini.

Leno kembali tampil gemilang menyelamatkan Arsenal untuk tak kebobolan lebih banyak. Giliran tembakan jarak dekat dari Moreno.

Terus digempur oleh Villarreal, Arsenal justru bisa mencuri kesempatan untuk mendapat hadiah penalti di menit ke-72. Penalti diberikan wasit setelah meninjau VAR akibat Trigueros menarik Bukayo Saka.

Gol!! Pepe yang maju sebagai eksekutor menjalankan tugasnya dengan baik. Tembakannya ke arah tengah mengecoh Geronimo Rulli. Arsenal menipiskan ketinggalan 1-2.

Villarreal Vs Arsenal: Kapal Selam Kuning Redam Meriam London 2-1 Penalti Nicolas Pepe menipiskan ketinggalan Arsenal dari Villarreal (Photo by David Ramos/Getty Images) Foto: Getty Images/David Ramos

Pada menit ke-79, Villarreal juga harus bermain dengan 10 pemain. Etienne Capoue bernasib sama dengan Ceballos mendapat kartu kuning kedua usai melanggar Saka.

Pierre-Emerick Aubameyang membuang peluang untuk menyamakan kedudukan di menit akhir. Tembakannya di dalam kotak penalti masih bisa ditepi Rulli. Skor 2-1 untuk kemenangan Villarreal mengakhiri laga.

Susunan Pemain

Villarreal: Geronimo Rulli; Juan Foyth (Mario Gaspar 70′), Raul Albiol, Pau Torres, Alfonso Pedraza (Alberto Moreno 80′); Etienne Capoue, Daniel Parejo, Manu Trigueros (Moi Gomez 80′); Gerard Moreno, Paco Alcacer (Francis Coquelin 46′), Samuel Chukwueze.

Arsenal: Bernd Leno; Calum Chambers, Rob Holding, Pablo Mari; Emile Smith Rowe, Dani Ceballos, Thomas Partey, Granit Xhaka, Bukayo Saka (Pierre-Emerick Aubameyang 85′); Martin Odegaard (Gabriel Martinelli 63′); Nicolas Pepe.(*)

SUMBER