Gubernur Sumatera Utara Menutup Latsitardanus ke-41 Pada Tahun 2021

oleh
Screenshot_2021-04-25-09-36-30-65

Medan, KRsumsel.com – Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi selaku inspektur upacara penutupan Pelatihan Integrasi Pemuda (Latsitardanus) Wreda Nusantara 2021 Provinsi Sumatera Utara ke-41, di Apron Lanud Soewondo Medan, Sabtu.

Komandan Upacara dalam acara ini adalah Letkol Anton Pallaguna yang bertugas di Sayap 5 Lanud Sultan Hasanuddin Air Dansquadron, Makassar.

Kegiatan diawali dengan pemeriksaan tim Pemuda / Pemuda Akademi TNI dan Akpol yang menjadi peserta Latsitardanus XLI / 2021 dengan antrean siswa oleh Inspektur Upacara Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi dan dilanjutkan dengan penutup.

Rangkaian acara penutupan dilanjutkan dengan perilisan tanda peserta diklat dan penyerahan piagam penghargaan.

Edy Rahmayadi dalam sambutannya menyampaikan bahwa latsitardanus merupakan perwujudan tingkat akhir dari kurikulum Pemuda / Pemuda Integratif Akademi TNI dan Akpol yang harus dipenuhi, karena merupakan salah satu aspek penting dalam penentuan kelulusan pemuda untuk kelak diangkat menjadi TNI. -Petugas Polri.

Latsitardanus dimaksudkan untuk memberikan bekal kepada generasi muda dalam menghadapi tugas-tugas masa depan, dan sebagai wahana pengembangan ilmu pengetahuan, serta sebagai upaya membantu pemerintah dan masyarakat dalam mewujudkan kehidupan yang sejahtera pada masa pandemi COVID-19.

“Hal ini juga sejalan dengan tema kegiatan yaitu Latsitardanus XLI / 2021 Berhasil Juga Program Pemerintah Daerah dalam Pencegahan COVID-19 dan Percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional di Sumut,” ujar mantan Pangkostrad itu.

Kegiatan Latsitardanus antara lain melakukan pekerjaan fisik atau bhakti, seperti memperbaiki fasilitas umum, rumah tidak layak huni (RTLH), pembangunan jalan / pengerasan jalan, dan perbaikan drainase.

Sedangkan kegiatan non fisik berupa penelitian sosial, penyuluhan COVID-19 ke desa tangguh, sosialisasi bahaya kesehatan dan narkoba, promosi TNI dan Akpol ke sekolah, serta penanaman nilai perjuangan kepada anak sekolah.

Pada kesempatan yang sama, penyerahan cinderamata oleh Danjen Akademi TNI Marsdya TNI Tamsil Malik, dan Kalemdiklatpol Komjen Pol Rycko Amelza Dahniel kepada pejabat TNI-Polri dan bupati / walikota yang wilayahnya menjadi target lokasi Latsitardanus XLI / 2021.

Aspers, Panglima TNI, Gubernur Akmil, Gubernur AAL, Gubernur AAU, Kasdam I / BB, Kapolda Sumatera Utara, Danlantamai I Belawan, Pangkosekhanudnas III Medan, pejabat Kodam I / BB, dan Kantor Pusat (PJU) Polda Sumatera Utara.(Anjas)