Pengerahan 4.382 Personel Polisi Untuk Mengamankan KTT ASEAN

oleh
Screenshot_2021-04-24-09-46-24-06

Jakarta, KRsumsel.comKapolres Metro Jakarta Inspektur Jenderal Fadli Imran membenarkan pengerahan 4.382 personel polisi untuk pengamanan dalam KTT ASEAN yang dijadwalkan berlangsung di Jakarta, Sabtu (24/4).

“Total 4.382 personel polisi akan dilibatkan untuk pengamanan di 51 lokasi di ibu kota,” kata Imran saat memeriksa persiapan pos pengamanan di dekat Sekretariat ASEAN di Jakarta Selatan, Jumat.

Pengaturan keamanan tersebut mencakup rute lalu lintas, hotel dan akomodasi, serta bandara saat para pemimpin ASEAN tiba.

Polisi juga akan mengintensifkan pengamanan, terutama di ring ketiga yang menjadi zona utama pengamanan polisi.

Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres), termasuk dari Komando Daerah Militer (Kodam Jaya) Jakarta, bertugas menawarkan pengamanan di zona pertama dan kedua.

KTT ASEAN akan membahas beberapa masalah, termasuk krisis politik di Myanmar.

Sejumlah pemimpin ASEAN, termasuk junta Myanmar Min Aung Hlaing, akan hadir di KTT tersebut.

Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) baru-baru ini menyoroti rencananya untuk membahas kemungkinan diadakannya KTT ASEAN untuk membahas masalah Myanmar dengan Sultan Brunei Darussalam, yang merupakan ketua ASEAN tahun ini.

Lebih lanjut, Kepala Negara menekankan agar dialog rekonsiliasi dilakukan sedini mungkin untuk memulihkan demokrasi, perdamaian, dan stabilitas negara.

“Keselamatan dan kesejahteraan rakyat harus menjadi prioritas utama,” kata Presiden, Jumat 19 Maret 2021.(Anjas)