Basarnas selamatkan seorang nelayan saat melaut

oleh
IMG-20210328-WA0003_2

Ternate, KRSUMSEL.comBasarnas Ternate, Maluku Utara (Malut) berhasil menyelamatkan seorang nelayan bernama Hamani Pepeua (70 tahun) asal Juanga pada Minggu (28/3) yang sempat hilang di sekitar perairan Pulau Morotai Selatan.

Kepala Basarnas Ternate, Muhamad Arafah di Ternate, Minggu mengatakan, setelah beberapa saat melakukan pencarian, sekitar pukul 05.40 Wit, Tim SAR Gabungan berhasil menemukan korban pada koordinat -+ 5 Nm Arah Barat Daya dari LKP dalam keadaan selamat, selanjutnya korban dievakuasi menuju ke Desa Juanga, Morotai Selatan.

Sehingga, pada pukul 07.28 Wit, Tim SAR gabungan berhasil mengevakuasi korban di Desa Juanga Morotai Selatan dan Korban diserahkan ke pihak keluarga untuk penanganan lebih lanjut.

“Dengan telah ditemukannya korban, maka Operasi SAR selesai dan ditutup, selanjutnya seluruh unsur yang terlibat dikembalikan ke satuan masing-masing,” katanya.

Sebelumnya, dirinci menyampaikan kronologis pencarian Hamani Pepeua, saat itu, Unit Siaga SAR Morotai menerima laporan dari keluarga korban bernama Sadek bahwa saudara mereka belum kembali dari melaut.

Pada tanggal 27 Maret 2021, Pukul 08.00 Wit, korban berangkat memancing menggunakan perahu dari desa juanga ke pulau metita dan sampai dengan tanggal 28 Maret 2021 pukul 03.00 Wit korban belum juga kembali, sehingga pihak keluarga melapor ke pihak Basarnas.

Setelah mendapat laporan dan diteruskan kepada petugas piket komunikasi Basarnas Ternate untuk ditindaklanjuti, Pada tanggal 28 Maret 2021, pukul 05.20 Wit, diberangkatkan 1 Tim Rescue Unit Siaga SAR Morotai menuju ke LKP menggunakan perahu karet untuk melakukan operasi pencarian dan korban akhirnya berhasil ditemukan dalam kondisi selamat. (anjas)