Baru Empat Desa di Rejanglebong Ajukan Pencairan Dana Desa

oleh
Screenshot_2021-03-10-10-38-53-12

Rejang Lebong, KRsumsel.com – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu menyebutkan saat ini baru ada empat desa yang mengajukan pencairan dana desa (DD) tahap I.

“Sudah ada empat desa yang sudah mengajukan pencairan DD serta ADD, diperkirakan minggu depan sudah cair,” kata kepala Dinas PMD Rejang Lebong Suradi Rifai di Rejang Lebong, Rabu.

Dia mengatakan, empat desa ini selain mengajukan pencairan DD yang bersumber dari APBN juga pencairan Alokasi Dana Desa (ADD) yang bersumber dari APBD Rejang Lebong 2021, di mana proses pencairan ini ditargetkan akan selesai dalam satu minggu ke depan.

Adapun empat desa yang telah mengajukan DD dan ADD ini antara lain Desa Sumber Urip dan Desa Kali Padang Kecamatan Selupu Rejang, Kemudian Desa Air Lanang Kecamatan Curup Selatan dan Desa Air Apo Kecamatan Binduriang.

Dia mengimbau 122 kepala desa di Kabupaten Rejang Lebong agar segera mengajukan pencarian DD dan ADD untuk diproses sehingga nantinya bisa digunakan untuk keperluan penanganan COVID-19 terutama penyaluran BLT dan kegiatan pembangunan lainnya.

Sementara itu, dari 122 desa yang ada di Kabupaten Rejang Lebong pada tahun ini kata dia, akan menerima kucuran dana dari pemerintah pusat berkisar Rp114 miliar dengan rincian desa penerima tertinggi adalah Desa Lubuk Mumpo di Kecamatan Kota Padang sebesar Rp1.561.354.000.

Sedangkan untuk desa terendah yang menerima DD ini ialah Desa Kayu Manis Kecamatan Sindang Kelingi dengan besaran Rp663.809.000.

Dia menambahkan, selain menerima DD yang bersumber dari APBN kedua desa ini juga menerima Alokasi Dana Desa (ADD) yang bersumber dari APBD Kabupaten Rejang Lebong 2021, untuk Desa Lubuk Mumpo sebesar Rp759.160.000, dan Desa Kayu Manis sebesar Rp364.793.90.(Anjas)