Pemprov Bengkulu Jemput Bola ke Perkantoran Guna Vaksinasi COVID-19

oleh
Screenshot_2021-03-07-12-34-57-96

Bengkulu, KRsumsel.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu menyiapkan layanan jemput bola untuk melaksanakan program vaksinasi COVID-19 tahap kedua khusus ke area perkantoran milik pemerintah.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu Herwan Antoni mengatakan layanan tersebut dirancang guna meningkatkan persentase orang yang sudah dilakukan vaksinasi yang saat ini jumlahnya masih terbilang sedikit.

“Kita sudah memulai di tingkat provinsi melaksanakan vaksinasi mobile. Artinya kita yang langsung mendatangi ke kantor-kantor. Mudah-mudahan pola ini akan mempercepat cakupan kita,” kata dia di Bengkulu, Minggu.

Herwan menjelaskan mobile vaksin ini nantinya akan menyasar seluruh perkantoran yang menyelenggarakan pelayanan publik, sesuai dengan sasaran yang telah ditetapkan pemerintah pada program vaksinasi COVID-19 tahap kedua.

Namun, kata dia, pelaksanaan mobile vaksin ini akan dilakukan secara bertahap dan disesuaikan dengan ketersediaan vaksin yang ada karena jumlahnya cukup terbatas.

Pada vaksinasi tahap kedua ini Provinsi Bengkulu mendapat jatah sebanyak 3.190 vial vaksin yang akan didistribusikan ke seluruh kabupaten dan kota di Bengkulu.

Dari 10 kabupaten dan kota, Kota Bengkulu mendapat jatah paling banyak yakni 1.010 vial, kemudian Bengkulu Utara sebanyak 300 vial, Rejang Lebong sebanyak 200 vial dan Seluma sebanyak 190 vial.

Lalu, Bengkulu Selatan sebanyak 120 vial, Mukomuko sebanyak 100 vial, Kaur sebanyak 100 vial, Kepahiang 110 vial, Kabupaten Lebong dan Bengkulu Tengah sama-sama 90 vial. Sedangkan Pemprov Bengkulu mendapat jatah 880 vial vaksin.

“Memang kendalanya jumlah vaksin kita itu terbatas, sehingga nanti kemungkinan belum bisa langsung selesai semua kantor. Kita upayakan ini secara bertahap dari kantor ke kantor,” ucapnya.

Menurut Herwan semakin banyak orang yang telah selesai mengikuti vaksinasi ini maka akan semakin memperbesar kesempatan pemutusan rantai penularan virus corona jenis baru.

Herwan optimistis vaksinasi tahap kedua ini akan berjalan sukses, sejalan dengan terus menurunnya angka penambahan positif harian sehingga status Bengkulu yang saat ini masih zona kuning bisa berubah menjadi zona hijau.(Anjas)