Personel TNI Bantu Warga BTN Sentani Terdampak Banjir

oleh
Screenshot_2021-02-24-08-58-22-45

Papua, KRsumsel.com – Personel TNI Koramil 1701-01/STN membantu mengevakuasi warga terdampak banjir di perumahan BTN Gajah Mada RT 01 RW 01 Kampung Yahum Distrik Sentani Kabupaten Jayapura Provinsi Papua, akibat hujan deras di wilayah itu.

Wadanramil Sentani Lettu Jufri Al Rasyod dalam keterangan diterima ANTARA, Rabu dini hari mengatakan setelah terjadi hujan deras di wilayah Sentani beberapa hari terakhir ini menyebabkan perumahan warga BTN Gajah Mada sudah menjadi langganan banjir.

Dikarenakan kompleks perumahan BTN tersebut dikelilingi aliran sungai, sehingga banyak rumah yang tidak bertuan ditinggalkan pemiliknya saat terkena dampak banjir bandang tahun 2019.

“Situasi terkini air juga masih menggenangi baik jalanan masuk ke arah BTN dan di areal BTN tersebut. Untuk ketinggian air sampai saat ini masih setinggi paha orang dewasa, walaupun hujan sudah mulai reda,” ujarnya.

Wadanramil Jufri Al Rasyid memerintahkan personel Babinsa untuk melaksanakan monitoring wilayah binaan masing-masing agar selalu terpantau situasi terkini dengan selalu siap membantu warga binaannya.

“Tetap semangat dan faktor keamanan yang selalu diutamakan selama melakukan tugas pembinaan wilayah kampung binaannya,” pesan Jufri Al rasyid.

Sesuai data yang ada BTN Gajah Mada ini sebelumnya terdiri dari RT 01 dan RT 02 dengan jumlah rumah sekitar 600 rumah, namun banyak penghuni yang pindah, sehingga saat ini hanya tinggal 100 rumah yang berpenghuni.

“Jadi sekarang tinggal RT 01 saja. Perlu diketahui bahwa BTN Gajah Mada letaknya di daerah resapan air dekat dengan muara kali yang ada di Distrik Sentani maupun Sentani Barat. Jadi setiap terjadi hujan pasti di BTN Gajah Mada ini akan terjadi air naik atau banjir,” ujarnya.

Salah satu warga yang mengungsi Mean Hampongo (42) mengatakan, semua rata-rata rumah yang ditinggali tergenang air sehingga semuanya mengungsi kecuali rumah yang lantai dua yang masih bertahan.

“Saya juga mengucapkan banyak terima kasih atas bantuannya bapak dari Koramil untuk bantu mengangkat sisa barang kami yang masih ketinggalan di rumah,” ungkapnya.(Anjas)