Pandangan Ahli Soal Pengobatan Herbal Kanker Prostat

oleh
664xauto-pandangan-ahli-soal-pengobatan-herbal-kanker-prostat-2102170

Jadi, boleh atau tidak, ya?

Pengobatan secara herbal sering kali jadi pilihan alternatif bagi masyarakat Indonesia. Namun, dalam kasus pengobatan obat herbal untuk penyakit kanker prostat belum terjamin keamanannya.

Menurut dr. Agus Rizal Ardy Hariandy Hamid, Sp.U (K), PhD, Konsultan Dokter Spesialis Uro-Onkologi Siloam Hospitals ASRI, efek samping yang dihasilkan obat herbal untuk pengobatan kanker prostat hingga saat ini masih belum diketahui.

Ia sendiri pun tidak menyarankan penggunaan obat herbal, terutama yang beredar di pasaran karena banyaknya kasus penemuan kandungan berbahaya di dalamnya serta kurangnya bukti ilmiah yang mendukung efektivitas obat tersebut bagi pasien kanker prostat.

Boleh saja, asal..

Meskipun begitu, ia tidak melarang penggunaan obat herbal sepenuhnya, dengan catatan pasien harus selektif dalam memilih obat herbal.

” Obat herbal bukanlah masalah, asal kita sendiri yang menyiapkan dan menyeduhnya karena itu sama saja seperti mengonsumsi sayur dan buah,” ujar dr. Agus dalam acara webinar World Cancer Day 2021, Rabu 17 Februari 2021.

Ia juga mengingatkan bahwa pengobatan medis yang diberikan dokter tetap menjadi sumber pengobatan utama yang tidak boleh dihentikan.

Laporan: Silmi Safriyantini