Pemkab Bangka Barat Terus Dorong Tumbuhnya Budi Daya Udang Galah

oleh

Mentok, KRsumsel.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) akan terus mendorong tumbuhnya pelaku usaha budi daya udang galah yang memiliki prospek bagus di pasar nasional dan ekspor.

“Peluang pasar masih terbuka, kami akan melakukan pendampingan jika kelompok usaha yang sudah ada akan merintis usaha tersebut dan bagi kelompok baru kami akan siapkan pelatihan awal,” kata Kepala Bidang Budi daya Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bangka Barat Wiratmo di Mentok, Jumat.

Ia menjelaskan,di Kabupaten Bangka Barat sudah ada beberapa kelompok yang secara mandiri memulai mengembangkan usaha budi daya udang galah.

Selain memulai secara mandiri, ada beberapa kelompok yang mendapatkan bantuan dukungan dari PT Timah Tbk karena dinilai layak dan prospektif.

“Kami berikan apresiasi positif kepada perusahaan negara tersebut yang selama ini sudah ikut mendukung upaya pemerintah meningkatkan kesejahteraan kelompok usaha perikanan, kami berharap ke depan akan semakin banyak kelompok yang dibantu,” katanya.

Bagi Pemkab Bangka Barat peran serta perusahaan akan menjadi motivasi baru untuk terus berbuat dan melayani masyarakat agar bisa berkembang, mandiri dan sejahtera ekonominya.

“Kami selama ini selain memberikan bantuan usaha, juga melibatkan pengurus kelompok mengikuti pelatihan, baik yang dilaksanakan di dalam daerah maupun kerja sama dengan Balai Pelatihan dan para praktisi di luar daerah,” katanya.

Ia mencontohkan beberapa waktu lalu Pemkab Bangka Barat mengirimkan pengurus kelompok untuk mengikuti pelatihan budi daya ikan air tawar di Jambi.

Selain itu pemkab juga telah mengirimkan beberapa kelompok mengikuti pelatihan budi daya kepiting di Jawa Tengah dan lainnya sebagai upaya peningkatan keterampilan dan belajar manajemen usaha sekaligus pola pemasaran.

Berbagai upaya tersebut diharapkan bisa memotivasi kelompok usaha agar semakin serius menggeluti usaha yang dijalankan guna meningkatkan kesejahteraan serta perekonomian daerah.(Anjas)