Babinsa Koramil 03 Wonosalam, Dampingi Pemakaman Warga dengan Prosedur Covid-19

oleh
WhatsApp Image 2021-02-08 at 19.22.51

Demak, KRSUMSEL.com – Babinsa Koramil 03/Wonosalam Kodim 0716/Demak Koptu Zoni Murdianto melaksanakan pendampingan pemakaman salah satu warga dengan protokol Covid-19 di TPU Desa Karangrowo, Kecamatan Wonosalam, Minggu (07/02/2021) kemarin.

Baca Juga : Warga OKI ini Jual Istri dengan Paket Threesome, Segini Harganya

Warga yang berinisial AZ (61) ini meninggal dunia setelah dirawat di Rumah Sakit Sunan Kalijaga Demak sejak Kamis (04/02) lalu, karena kondisi badan drop atau lemah. Almarhum selama kurang lebih 10 tahunan menderita diabetes mellitus (DM) dengan chronic kidney disease (CKD).

Setelah dirawat 2 hari, AZ dinyatakan meninggal dunia pada Minggu (07/02) pukul 00.30. Karena hasil swab almarhum belum keluar, pemakaman dilaksanakan dengan protokol pemakaman jenazah Covid-19.

Dalam kesempatan itu, Koptu Zoni selaku Babinsa menyampaikan bela sungkawa atas meninggalnya almarhum. Dirinya juga meminta pihak keluarga, warga dan kerabat yang ikut menyaksikan pemakaman almarhum, untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.

Yakni dengan menerapkan 5M. Memakai masker, mencuci tangan sesering mungkin, menjaga jarak aman dengan orang lain, mengurangi mobilitas di luar rumah dan menghindari kerumunan.

“Dan satu lagi, usahakan untuk tidak kontak fisik atau bersalaman dengan siapapun. Karena kita tidak tahu siapa yang terkonfirmasi dan siapa yang tidak,” ujarnya.

Kepada tim Satgas Covid desa dan petugas Puskesmas setempat, mantan prajurit Baladika Yudha Arhanud-15 Semarang ini menghimbau untuk segera melakukan sterilisasi di lingkungan tempat tinggal almarhum, guna memutus mata rantai penyebaran virus.

“Karena hasil swab almarhum belum keluar. Langkah ini sebagai upaya antisipasi guna mencegah penyebaran virus Covid-19 di Desa Karangrowo,” imbuhnya.

Hadir juga dalam prosesi pemakaman, petugas Puskesmas Wonosalam II Abdul Syukur, Kanit Intelkam Polsek Wonosalam Aipda Agus S, Bhabinkamtibmas Bripka Soekodiyono, Satgas Covid dan perangkat Desa Karangrowo. (****)