Babinsa Sambung Dampingi Petugas PPL Laksanakan Pengubinan Tanaman Padi

oleh
WhatsApp Image 2021-02-04 at 18.22.45

Demak, KRSUMSEL.com – Babinsa Sambung Koramil 07/Gajah Kodim 0716/Demak Sertu Jumah Rosidin bersama dengan petugas PPL Kecamatan Gajah dan Kelompok tani Sido Mulyo melaksanakan kegiatan Pengubinan tanaman padi milik Bapak Mustakim Rt 01/03 Desa Sambung Kecamatan Gajah Kabupaten Demak. Kamis 4/02/2021.

Adapun yang ikut hadir dalam kegiatan pengubinan antara lain Bapak Ratmono, Ibu Eny Lasari, Ibu Rini, Ibu fitri (petugas dari ppl gajah), Bapak Mustakim selaku pemilik sawah dan Babinsa Sertu Jumah Rosidin.

Pengubinan mempunyai maksud tujuan tertentu untuk mengetahui hasil padi sebelum dipanen sehingga bisa diperkirakan pendapatan berapa kuintal dalam 1 ancer (petak) dan berapa ton dalam 1 ha. Kegiatan ini sudah sering di lakukan oleh Koramil 07/Gajah dan Dinas Pertanian dan kegiatan ini rutin dilaksanakan menjelang padi sudah umur sebelum tua sehingga para petani dapat memperkirakan hasil panen nantinya.

Dari kegiatan pengubinan didapatkan hasil Luas Sawah: 1 Ha, Jumlah anak per ubin: 96, Jumlah Rumpun perubin: 138, Jumlah butir per malai: 187, Hasil ubinan: 5,2 kg, Hasil per ha: 8,32 ton

, Varietas: Ciherang, Sistim tanam: Jajar legowo: 4-1 dan Kadar air: 16

dengan Cuaca: mendung.

Tujuan lain dari pengubinan padi yaitu agar bisa tercapai target yang akan dipanen oleh petani disamping itu juga bisa langsung tanya jawab petani dengan Dinas Pertanian sehingga kedepannya lebih bisa ditingkatkan memaksimalkan pendapatan di bidang pertanian khususnya padi.

Ditempat terpisah Danramil 07/Gajah Kapten Arm Imam Sunandar mengemukakan pihaknya akan terus mendorong dan mendampingi petani yang berada di wilayah Kecamatan Gajah khususnya. Setiap hari dirinya perintahkan Babinsanya agar bersinergi dengan PPL untuk bersama-sama terjun langsung ke lapangan memberikan pendampingan kepada petani.

Dengan terjun langsung ke lapangan semua permasalahan yang dihadapi para petani bisa cepat diketahui sehingga dapat segera dicarikan solusi dan diatasi, kegiatan ini juga merupakan tugas TNI yaitu mengatasi kesulitan rakyat sekelilingnya. Pungkas Danramil. (****)