PT SIER Surabaya Dorong Donor Plasma Konvalesen Peringati Bulan K3

oleh

Surabaya, KRsumsel.com – PT Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER) mendorong adanya donor plasma konvalesen sebagai salah satu kegiatan dalam memperingati Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) tahun 2021.

“Donor plasma darah sangat dibutuhkan di masa pandemi seperti sekarang ini,” ujar Direktur Operasi PT SIER Didik Prasetiyono di Surabaya, Kamis (28/1).

Plasma konvalesen, kata dia, adalah strategi imunisasi pasif yang telah digunakan dalam pencegahan dan pengelolaan penyakit menular sejak awal abad ke-20, dan memperolehnya menggunakan apheresis pada pasien COVID-19 yang telah pulih.

Ia mengatakan terapi plasma konvalesen dipercaya dapat membantu proses pemulihan pasien infeksi Virus Corona.

Selain itu, plasma pasien positif COVID-19 yang telah sembuh sanggup mengeliminasi atau memobilitasi virus sehingga lingkaran infeksi terputus.

“Pasien penerima donor diharapkan bisa terhindar dari serangan virus untuk kemudian memperbaiki jaringan yang sudah terlanjur rusak untuk meningkatkan sistem imun,” ucap mantan Komisioner KPU Jatim tersebut.

Meski sangat efektif membantu kesembuhan pasien positif COVID-19, lanjut Didik, untuk mendapatkan pendonor plasma cukup sulit karena tidak semua penyintas bisa menjadi pendonor.

“Saya dapat informasi, dari 100 orang yang screening, mungkin hanya 20 orang yang bisa menjadi pendonor. Makanya PT SIER ingin membantu untuk mendapatkan pendonor plasma tersebut,” katanya.

Sesuai jadwal, donor darah dan screening plasma konvalesen digelar pada Selasa, 12 Februari 2021 pukul 10.00 WIB-15.00 WIB di Cafe Wisma SIER Jalan Rungkut Industri Raya Nomor 10 Surabaya.

“Kami berharap bisa mendapatkan 150 pendonor. Selain di SIER, di PIER (Pasuruan Industrial Estate Rembang) juga ada kegiatan donor darah,” tutur dia.

Sementara itu, pendaftaran bisa dilakukan secara daring untuk memudahkan calon peserta donor melalui link http://bit.ly/donordarahplasma.

Untuk menyukseskan kegiatan tersebut, PT SIER bekerja sama dengan PMI, TNI/Polri, IKA FE Unair, Tim Penanganan COVID-19 ITS, Komunitas Sahabat Donor Indonesia, Real Estate Indonesia, Perkumpulan Sosial Hwa Indonesia dan Yayasan Indonesiaku Sehat.

“Kami juga bekerja sama dengan beberapa komunitas penyintas COVID-19. Bahkan rencananya, nanti di PT SIER juga akan ada deklarasi komunitas tersebut,” kata Didik.(Anjas)