Poles OKU Jaga Ketat Vaksin COVID-19 Sinovac

oleh
Polres-OKU

Baturaja, KRsumsel.comPolres Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, menyiagakan personel untuk menjaga ketat vaksin COVID-19 Sinovac yang disimpan di Gudang Farmasi Dinas Kesehatan setempat sebelum didistribusikan ke seluruh kecamatan di wilayah itu.

Kepala Bagian Ops Polres Ogan Komering Ulu (OKU), Kompol Bagus Adi Suranto di Baturaja, Rabu (27/1), mengatakan, pihaknya menyiagakan lima personel polres setempat dan lima anggota Brimob Polda Sumsel untuk menjaga vaksin di Gudang Farmasi Dinas Kesehatan OKU di belakang UPTD Puskesmas Tanjung Agung.

“Terhitung mulai hari ini penjagaan di gudang farmasi dilakukan sampai 1 Februari atau hingga pendistribusian ke 18 puskesmas se Kabupaten OKU,” katanya.

Dia mengemukakan penjagaan tersebut dibagi tiga sif guna memastikan vaksin benar-benar aman dan dalam keadaan baik hingga pendistribusian nanti.

“Hal tersebut kami lakukan untuk menyukseskan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di Kabupaten OKU,” kata dia.

Kepala Dinas Kesehatan Ogan Komering Ulu (OKU), Husni Thamrin melalui Sekretarisnya Rozali di Baturaja, mengatakan sebanyak 5.360 dosis vaksin Sinovac sudah tiba di Kabupaten OKU hari ini sekitar pukul 17.10 WIB tanpa kendala.

“Selain itu kami juga mendapat pengiriman dari Dinas Kesehatan Sumsel yakni 5.000 psc alkohol swab, 15 dus alat suntik, 30 dus safety box untuk melengkapi kegiatan vaksinasi COVID-19 di Kabupaten OKU,” katanya.

Sebanyak 5.360 vaksin ini diperuntukkan bagi 2.651 tenaga kesehatan di wilayah itu yang akan divaksin sebanyak dua tahap.

“Vaksinasi tahap pertama dilaksanakan 2 Februari di Puskesmas Kemalaraja dan 14 setelah itu dilakukan tahap kedua,” kata dia.

Sebelum penyuntikan dilaksanakan, kata Rozali, 5.360 vaksin Sinovac disimpan di lemari pendingin di Gudang Farmasi Dinas Kesehatan OKU di belakang UPTD Puskesmas Tanjung Agung.

“Karena suhu vaksin harus terjaga pada suhu 10ºC. Kami juga sudah menyediakan generator set atau genset sebagai antisipasi ketika listrik PLN padam agar suhu vaksin tetap terjaga,” ujar dia.(Anjas)