Piala FA: Aston Villa akan Turunkan Tim Junior Hadapi Liverpool?

oleh
oleh
aston-villa-1_169

Birmingham, KRSUMSEL.com – Aston Villa diserang wabah COVID-19 jelang menghadapi Liverpool di Piala FA. Mereka pun berencana menurunkan tim juniornya di laga tersebut.

Babak ketiga Piala FA 2020/2021 antara Aston Villa vs Liverpool sedianya akan digelar di Villa Park, Birmingham, Sabtu (9/1/2021) pukul 02.45 WIB.

Namun laga itu kini terancam ditunda, menyusul serangkaian kasus positif COVID-19 di kubu Villa. Jack Grealish dkk bahkan tak bisa berlatih karena kompleks mereka, Bodymoor Heath Training Ground, harus ditutup.

“Sejumlah besar pemain dan staf tim utama kembali positif dalam tes setelah diuji secara rutin pada hari Senin dan segera diisolasi. Tes putaran kedua segera dilakukan dan membuahkan hasil positif lebih banyak hari ini,” bunyi pernyataan resmi Villa, Kamis (7/1) waktu setempat.

Saat ini, Villa masih berdiskusi dengan Federasi Sepakbola Inggris (FA) mengenai kelanjutan pertandingan tersebut. Kabar terbaru dari BBC, laga tersebut masih akan diteruskan dan Villa turun dengan tim U-23 mereka.

Manajer Aston Villa Dean Smith beserta jajaran stafnya akan beristirahat bersama para pemain tim utama. Manajer tim U-23 Mark Delaney akan mengambil alih kepemimpinan di lapangan, ditemani para stafnya.

Piala FA: Aston Villa akan Turunkan Tim Junior Hadapi Liverpool? Kedua tim sudah sekali bertemu di Liga Inggris musim ini, di mana Villa menang telak 7-2. Foto: (Getty Images/Pool)

Meski begitu, keputusan resminya akan ditentukan Jumat (8/1) ini. Sebab para pemain muda Villa juga harus dites lebih dulu, apakah mereka juga masuk dalam klaster penyebaran COVID-19 atau tidak.

Aturan FA menyebut jika sebuah tim masih bisa bertanding sekalipun terdampak COVID-19 secara massal, asalkan masih ada 14 pemain yang tersedia, termasuk pemain akademi.

Namun aturan itu tak kaku, dan FA bisa saja membatalkannya, tergantung dari keparahan masing-masing kasus.

Andai Aston Villa turun dengan tim juniornya, maka apa yang terjadi mirip dengan laga perempatfinal Piala Liga Inggris pada musim lalu, yang juga mempertemukan Aston Villa vs Liverpool.

Bedanya, kala itu Liverpool yang turun dengan tim U-23 karena skuad asuhan Juergen Klopp berangkat ke Qatar untuk bertanding di Piala Dunia Antarklub 2019. Tanpa pemain utama, The Reds dibabat 0-5.(adp/rin)

SUMBER