Quique Setien Sudah Tak Lagi Dihantui Kegagalan di Barcelona

oleh
oleh
quique-setien_169

Jakarta, KRSUMSEL.com – Quique Setien tak menyesal pernah melatih Barcelona meski berakhir dengan kegagalan. Itu jadi pelajaran berharga untuk Setien.

Setien ditunjuk sebagai pelatih Barcelona pada Januari lalu. Dia dipilih untuk menggantikan Ernesto Valverde yang dipecat.

Melatih Barcelona jadi titik tertinggi dalam karier Setien sebagai pelatih. Sebelum menangani Lionel Messi dkk., pria berusia 61 tahun itu tak pernah melatih tim-tim besar. Terakhir sebelum ke Barcelona, Setien merupakan pelatih Real Betis pada 2017-2019.

Namun, Setien gagal total di Barcelona. Blaugrana sama sekali tak meraih trofi pada musim 2019/2020. Mereka juga tersingkir dari Liga Champions secara tragis usai kalah telak dari Bayern Munich.

Quique Setien pun pada akhirnya dipecat pada Agustus lalu. Pemecatan tersebut kemudian berakhir dengan gugatan hukum dari Setien untuk Barcelona terkait kontrak.

Bagaimanapun, melatih Barcelona jadi pengalaman manis dan pahit buat Setien. Kini, dia sudah tak lagi dihantui oleh kegagalannya di Barcelona.

“Saya sudah selesai meratapi apa yang terjadi di Barcelona. Tapi itu adalah sesuatu yang terjadi sebagai bagian dari pekerjaan ini,” ujar Setien seperti dilansir Marca.

“Kalau Anda bisa hidup terisolasi dari segalanya, seperti yang pernah saya lakukan, Anda bisa hidup dengan tenang. Saya sudah mengganti nomor telepon, dan mereka menghentikan saya di jalan dan meminta wawancara, tapi saya mencoba tetap sama.”

“Pengalaman itu luar biasa. Benar kalau kami tidak menikmati apa yang ingin kami nikmati, atau melakukan apa yang kami inginkan di awal, tapi Anda mendapati segalanya jadi rumit.”

“Tentu saya mau kembali ke Barcelona dan saya tidak menyesal pernah ke sana. Tidak sama sekali,” kata Setien.(*)

SUMBER