Kapolda Instruksikan Perketat Pengawasan Prokes Jalur Masuk

oleh

Belitung, Babel, KRsumsel.com – Kapolda Bangka Belitung Irjen Pol Anang Syarif Hidayat menginstruksikan seluruh personelnya untuk memperketat pengawasan protokol kesehatan di semua jalur guna mengantisipasi penyebaran COVID-19 selama libur panjang Natal dan Tahun Baru.

“Saya instruksikan seluruh personel gabungan operasi Lilin Menumbing 2020, lebih meningkatkan pengawasan di semua jalur masuk baik di bandara, pelabuhan, mau pun terminal agar masyarakat yang keluar masuk benar-benar menerapkan protokol kesehatan,” kata kapolda di Belitung, Senin.

Dia mengatakan, operasi pengamanan Natal dan Tahun Baru itu harus betul-betul menyiapkan diri untuk menegakkan protokol kesehatan dengan sungguh-sungguh di pintu gerbang masuk, terutama di Pulau Belitung.

Hal itu disebabkan Pulau Belitung merupakan daerah wisata, apalagi jika dikaitkan dengan meningkatnya angka kasus warga yang terkonformasi positif COVID-19.

Menurut dia, hal itu juga sejalan dengan kebijakan Pemerintah Provinsi Bangka Belitung, yang memberlakukan “rapid test antigen” dan “swab test” bagi warga yang datang dan berangkat dari provinsi itu.

“Jadi untuk kedatangan orang-orang di sini sudah diberlakukan swab antigen yang mulai di jalankan pada hari ini,” ujarnya.

Ia menambahkan, selain memperketat protokol kesehatan di pintu masuk, penegakan protokol kesehatan juga dilakukan di tempat-tempat keramaian dan hiburan yang berpotensi terjadinya kerumunan orang.

“Sudah disepakati tidak ada acara khusus dalam penyambutan tahun baru nanti. Jadi, pengusaha hotel diimbau tidak melakukan kontrak apalagi mengundang artis ibu kota karena nantinya juga tidak akan diizinkan,” ujarnya.

Kendati demikian, ujar Kapolda, pihaknya memastikan penerapan protokol kesehatan tetap diterapkan seiring sejalan dengan pemulihan ekonomi dan aktivitas pariwisata.

“Jalankan roda ekonomi seperti biasa, jalankan pariwisata seperti biasa, tetapi jangan dilupakan protokol kesehatan,” kata Kapolda.(Anjas)