Basarnas Kupang Mulai Siaga SAR Natal dan Tahun Baru

oleh

Kupang, KRsumsel.com – Kantor Pencarian dan Pertolongan Kupang, Nusa Tenggara Timur mulai siaga SAR khusus dalam menghadapi perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

“Basarnas Kupang dalam kondisi siaga Natal 2020 dan Tahun baru 2021 guna mengantisipasi berbagai kejadian yang membahayakan manusia,” kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kupang, Emi Frizer di Kupang, Senin.

Ia menjelaskan, pelaksanaan Siaga SAR khusus Natal dan Tahun Baru mulai berlangsung 18 Desember 2020 sampai dengan 4 Januari 2021.

Menurut dia, Kantor Pencarian dan Pertolongan Kupang telah membentuk pos siaga SAR khusus Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 yaitu di Posko Induk Kantor Basarnas Kupang, posko Bandara Udara El Tari, posko SAR Pelabuhan Pelni dan posko Pelabuhan ASDP Bolok Kupang, Kabupaten Kupang.

Selain itu kata Emi Friezer, posko SAR juga dilakukan di Bandara Udara Umbu Mehang Kunda dan pelabuhan laut Nusantara Waingapu.

Sedangkan posko SAR di Kabupaten Rote Ndao yang merupakan pulau ter-selatan di Indonesia ini dilakukan di Bandara DC Saudale dan pelabuhan laut Ba’a Rote Ndao.

Ia menjelaskan, pelaksanaan siaga SAR khusus Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 bertujuan mewujudkan pelayanan SAR yang profesional, sinergi dan militan untuk mendukung kebijakan pemerintah.

Basarnas kata dia bekerja sama dengan Kementerian atau Lembaga terkait seperti Kementerian Perhubungan, TNI/Polri, Pemerintah Provinsi dan kabupaten/Kota serta tim gugus tugas COVID-19 maupun potensi SAR di daerah ini.

Menurut dia, kegiatan Siaga SAR Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 dilakukan dengan tetap mengacu pada kebijakan pemerintah dalam pencegahan penyebaran COVID-19 seperti anggota SAR tetap menggunakan APD saat melakukan melakukan evakuasi korban dan selalu menggunakan masker dalam berbagai kegiatan di lapangan.(Anjas)