Tidak Hanya Guide,HPI Jadi ujung tombak Promosi Wisata

oleh
IMG-20201210-WA0001

PAGARALAM, KRSUMSEL.COM- Untuk Menunjang Kemajuan Wisata dan Sebagai pemandu wisata (Guide),Himpunan Pramuwisata Indonesia, (HPI) diharapakan tidak hanya menemani atau mengantarkan wisatawan ke Destinasi wisata,namun juga harus mampu memberikan informasi mengenai hal-hal yang berkaitan dengan destinasi wisata.

Hal ini disampaikan Ketua DPD HPI Sumsel Kemas Abdul Latif saat melantik pengurus DPC HPI Kota Pagar Alam di Villa Gunung Gare,Kamis (10/12).

“Karena pemandu wisata merupakan ujung tombak sebagai pemberi informasi awal kepada wisatawan yang akan berkunjung ke suatu tempat atau destinasi wiasata,”paparnya

Sehingga,tugasnya sebagai pemandu tidak hanya menjamu serta memliliki Id Card sebagai pemandu wisata semata namun nol pengetahuan.

“Karena baik atau buruknya destinasi wisata itu tergantung dengan informasi yang disampaikan oleh pemandu wisata itu sendiri,”ucapnya.

Sementara Kepala dinas Budaya dan Pariwisata provinsi sumatera selatan Aufa Syahrizal  mengatakan bahwa menjadi pramu wisata harus mampu memberikan informasi dan menyampaikan informasi wisata yang menarik kepada wisatawan yang datang khususnya Kota Pagar Alam yang terkenal banyak memiliki potensi wisata.

“Apalagi Kota Pagar Alam menjadi salah satu tempat Destinasi program Gubernur Sumatera Selatan untuk pengembangan pariwisata di Sumsel,”ucapnya.

Sementara Kadis Pariwisata Kota Pagar Alam Brilian Aristopani menambahkan,bahwa adapun jumlah DPC HPI priode 2020-2025 yang dilantik berjumlah 20 orang yang juga akan langsung diberikan Bimbigan tekhnis (Bimtek) tata kelola destinasi wisata serta strategi pengelolaan wistaa ditengah pandemi covid-19.

Yang tujuanya,Sambung Brilian untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan pengelolaan destinasi wisata serta untuk meningkatkan daya saing dan kemampuan SDM kelompok sadar wisata (Pokdarwis).

“Dan yang terpenting dapat meningkatkan kunjungan serta memberikan kepuasan wisatawan yang datang ke Kota Pagar Alam,”pungkasnya.( Ca )