KPU Makassar Minta Warga Ikuti Arahan KPPS di TPS

oleh

Makassar, KRsumsel.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar mengimbau seluruh warga yang hendak menggunakan hak pilihnya di TPS   agar mengikuti arahan KPPS (kelompok penyelenggara pemungutan suara) di Tempat Pemungutan Suara (TPS) masing-masing.

“Mohon ikuti arahan dan panduan dari petugas kami di TPS dalam rangka pencegahan COVID-19,” kata Ketua KPU Makassar, Farid Wajdi di Makassar, Selasa.

Tidak kalah penting, Farid juga mengimbau kepada seluruh warga agar tetap menggunakan hak pilihnya tanpa mengabaikan protokol kesehatan, termasuk menjaga jarak.

Sebab diakui Farid, potensi berkerumun bisa saja terjadi selama proses pemilihan berlangsung hingga penghitungan suara.

“Jangan lupa pakai masker ke TPS kemudian patuhi protokol kesehatan,” katanya.

“Petugas kami dan pihak kepolisian akan terus melakukan pengamanan agar setelah warga memilih, mereka tidak terlalu lama di area TPS tetapi diarahkan untuk pulang ke rumah masing-masing,” sambungnya.

Selain penggunaan masker, masyarakat juga diimbau untuk membawa alat tulis masing-masing sebab petugas KPPS tidak menyiapkan alat tulis (pulpen) di TPS.

“Ini supaya mengurangi kontak langsung dengan penggunaan alat yang berganti-gantian,” tambah Komisioner KPU Makassar, Gunawan Mashar.

Sejumlah regulasi telah dikeluarkan oleh pemerintah guna pilkada aman dari virus corona dan penyebarannya. Salah satunya penggunaan APD (Alat Pelindung Diri) oleh petugas KPPS selama penghitungan suara berlangsung.

Pada pelaksanaannya, fasilitas protokol COVID-19 turut disediakan seperti sarung tangan, tempat cuci tangan di pintu masuk dan keluar bilik, termasuk tempat sampah setelah penggunaan sarung tangan.

Pembatasan juga dillakukan pada jumlah pemilih yang bisa masuk dalam TPS. Jika sebelumnya disiapkan sekitar 25 kursi, sekarang hanya disiapkan belasan saja. Sedangkan ukuran TPS akan lebih luas dengan posisi  di luar ruangan.

“Semua tahapan-tahapan itu diatur termasuk pada saat penghitungan suara nanti. Protap COVID-19 betul-betul kita jalankan,” katanya.

“Nanti petugas ketertiban juga mengimbau kepada pemilih yang sudah memilih untuk dianjurkan langsung pulang ke rumahnya, tidak usah berkerumun lagi di TPS,” tambahnya.

Pilkada serentak tahun 2020 di Kota Makassar diikuti empat paslon dengan masing-masing nama dan nomor urut yakni (1) Danny Pomanto-Fatmawati Rusdy,  (2) Munafri Arifuddin-Rahman Bando, (3) Syamsu Rizal-Fadlii Ananda, (4) Irman Yasin Limpo-Andi Zunnun.(Anjas)