KPU Banjarmasin Distribusi Logistik Pilkada ke 52 Kelurahan

oleh

Banjarmasin, KRsumsel.com – Logistik Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) di Kota Banjarmasin tahun 2020, seperti kotak suara dan surat suara telah didistribusikan ke 52 kelurahan yang ada di lima kecamatan dari gudang penyimpanan di Jalan Hasan Basry, Banjarmasin Utara, Senin.

Pilkada di Kota Banjarmasin tahun 2020 melangsungkan pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banjarmasin, sekalian pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel).

“Ya hari ini mulai distribusi logistik pilkada ke kecamatan, lalu dibagi ke 52 kelurahan,” ujar anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarmasin Syafruddin Akbar, di Banjarmasin, Senin.

Menurut dia, logistik pilkada berada di kelurahan selama satu hari dengan penjagaan sangat ketat oleh anggota KPU, Bawaslu dan dibantu pihak kepolisian dan TNI.

“Sehari di malamkan di kelurahan, besoknya, Selasa (8/12) didistribusikan ke Tempat Pemungutan Suara (TPS), tetap dengan penjagaan sangat ketat seperti di kelurahan,” ujar Akbar.

“Ini untuk menjaga agar tidak ada kecurangan atau hal lainnya yang mengganggu saat pelaksanaan pencoblosan pada 9 Desember 2020,” paparnya.

Dia memastikan, persiapan pelaksanaan pencoblosan sudah terjadwal dengan baik, hingga kini prosesnya berjalan sesuai perencanaan, termasuk pendistribusian logistik pilkada tersebut.

Pemungutan Suara di Pilkada Serentak 2020 di Kota Banjarmasin akan berlangsung 1.199 TPS di 5 kecamatan atau 52 kelurahan di kota ini.

Adapun jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang sudah disahkan untuk Pilkada di Kota Banjarmasin sebanyak 448.157 pemilih.

Untuk Pilkada Kota Banjarmasin diikuti empat pasang calon, yakni, nomor urut 1, H Haris Makkie dan Ilham Noor, nomor urut 2, H Ibnu Sina dan H Arifin Noor, nomor urut 3, H Khairul Saleh dan Habib Muhammad Ali Alhabsy dan nomor urut 4, Hj Ananda dan H Mushaffa Zakir.

Adapun untuk Pilkada Kalsel tahun 2020 ini diikuti dua pasang calon, yakni, nomor urut 1, H Sahbirin Noor dan H Muhidin, kemudian nomor urut 2, Prof H Denny Indrayana dan H Difriadi Derajat.

Untuk jumlah pemilih di Pilgub Kalsel tahun 2020 yang sudah disahkan sebanyak 2.793.811 pemilih dari 13 kabupaten/kota.(Anjas)