Kemenag Sumsel Gelar Seleksi Calon Penyuluh Agama Kristen

oleh
IMG-20201203-WA0000

Palembang, KRSumsel.com – Bimbingan Masyarakat (Bimas) Kristen Kanwil Kemenag Provinsi Sumatera Selatan menggelar ujian rekrutmen penyuluh agama Kristen non-PNS di Yayasan Perguruan Kristen Methodist Indonesia (PKMI) Palembang, Kamis (3/12). Kegiatan ini diikuti 87 calon penyuluh agama Kristen non PNS dan dibuka Kakanwil Kemenag Sumsel Dr. Drs. H. Mukhlisuddin, SH, MA.

Pembimas Kristen Bagus Ade Dinata Panjaitan S.Th dalam laporannya menuturkan, tujuan kegiatan ini antara lain untuk meningkatkan kualitas dan mutu kinerja penyuluh agama Kristen yang sesuai standarisasi terkait regulasi, mekanisme kerja, dan kualitas sumber daya manusia penyuluh.

Juga untuk menyeleksi calon penyuluh agama Kristen non-PNS yang memiliki kualifikasi tertentu untuk diangkat menjadi penyuluh agama.

“Kita berharap melalui seleksi ini dapat mengangkat atau menetapkan calon penyuluh agama Kristen non-PNS yang berkompeten, dalam artian memiliki kemampuan dan keterampilan berupa pengetahuan, sikap mental, nilai-nilai, keyakinan, motivasi, serta perilaku yang diperlukan dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya. Sehingga dapat melaksanakan tugas secara profesional, efektif, dan efisien,” jelas Bagus.

Sementara itu, Kakanwil Kemenag Sumsel Dr. Drs. H. Mukhlisuddin SH, MA dalam arahannya berharap para peserta dapat mengikuti kegiatan seleksi dengan baik. Menurutnya, seiring tantangan zaman yang semakin berat, penyuluh agama Kristen juga dituntut memiliki kemampuan dan wawasan yang luas, sehingga bisa menjalankan tugas dengan profesional dan proporsional.

“Selamat mengikuti seleksi. Ikuti dengan sepenuh hati dan sungguh-sungguh. Saya doakan bapak/ibu semua berhasil lulus seleksi dan dapat mengabdi kepada bangsa dan negara sebagai seorang penyuluh agama,” tutur Mukhlisuddin. (quds)