Gubernur Minta Polda Sumut Siapkan Posko di Daerah Rawan Bencana

oleh

Medan,KRsumsel.com – Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi meminta pihak Polda Sumut menyiapkan posko bersama di daerah-daerah rawan bencana.

 Saat apel gabungan kesiapan antisipasi bencana alam di Lapangan KS Tubun Markas Polda Sumut, Senin, Edy mengatakan ada sejumlah daerah rawan bencana di daerah iti..

 “Daerah Toba, Karo, Pakpak Bharat dan daerah tinggi lainnya termasuk juga yang kita antisipasi itu banjir di Labuhan Batu. Ini yang sangat kita ansipasi, ada tempat-tempat yang harus kita siapkan alat-alat berat, personel dan peralatan. Bila ada bencana bisa segera di atasi,” katanya.

 Menurut Edy, apel ini penting dilakukan karena Sumut memasuki bulan-bulan dimana curah hujan cukup tinggi. Belajar dari musim penghujan sebelumnya, Polda, TNI dan Pemprov Sumut sangat mengantisipasi terjadinya banjir dan longsor di Sumut.

 “Memasuki Oktober, November dan Desember curah hujan cukup tinggi. Obat dalam bencana alam, kita harus siap. Inilah apel kesiapsiagaan

bencana. Saya berterima kasih Polda memulai kegiatan ini, mengajak bersama-sama mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan bencana alam,” ujarnya.

Sementara itu Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin mengatakan total pasukan yang disiagakan sebanyak 2.000 personel.

 “Ada 2.000 personel yang terdiri dari Polda, Kodam, Basarnas dan Pemprov Sumut. Mereka dilatih dan disiapkan untuk bisa menghadapi bencana dengan baik, sudah tahu apa yang perlu dilakukan bila bencana,” katanya.

 Kapolda berharap dengan kesiapsiagaan tersebut maka penanggulangan bencana bisa cepat diatasi, terutama dalam menyelamatkan nyawa manusia.

 “Diharapkan dengan kesiapsiagaan personel menghadapi bencana lebih siap dan dapat mengantisipasi jatuhnya korban jiwa,” ujarnya.

Turut hadir pada apel tersebut Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting, Kasdam I/BB Brigjend TNI Didied Pramudito, Kabinda Sumut Brigjend Ruruh Setyawibawa, OPD terkait dan unsur Forkopimda lainnya.(Anjas)