Dinas Pangan Gorontalo Bagikan Paket Pangan Lokal Gratis

oleh

Gorontalo, KRsumsel.com – Dinas Pangan Provinsi Gorontalo membagikan 1.000 paket pangan lokal secara gratis kepada masyarakat untuk mendukung ketahanan pangan di daerah itu.

Kepala Dinas Pangan Provinsi Gorontalo Sutrisno di Gorontalo, Sabtu, mengatakan pembagian paket pangan lokal terkait dengan peringatan Hari Pangan Sedunia itu untuk memotivasi masyarakat dalam upaya pemenuhan kebutuhan pangan keluarga, mulai dari pengadaan pangan, pola konsumsi masyarakat yang beragam, bergizi dan aman, serta tidak mengonsumsi secara berlebihan.

“Ini adalah upaya kepedulian kita semua dalam rangka Hari Pangan Sedunia dan pentingnya pangan untuk masyarakat. Pangan yang sehat agar masyarakat sehat,” kata dia.

Paket pangan lokal tersebut terdiri atas ubi jalar, singkong, pisang, jagung, jantung pisang, dan telur.

Pembagian itu dilakukan dalam rangka memperingati Hari Pangan Sedunia (HPS) tingkat Provinsi Gorontalo di depan rumah dinas gubernur setempat, Sabtu.

Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Darda Daraba memberikan apresiasi kepada masyarakat dan instansi-instansi yang telah berkontribusi dalam mendukung ketahanan pangan di daerah itu.

Saat ini, kata dia, Pemerintah Provinsi Gorontalo terus mendorong agar pangan lokal menjadi bahan utama konsumsi masyarakat.

“Karbohidrat itu bukan hanya ada di nasi, tetapi kita pun bisa mendapatkannya di pangan lokal seperti jagung, ubi, singkong, dan pisang. Pelan-pelan kami memberikan pemahaman kepada masyarakat, agar pangan lokal ini akan menjadi konsumsi utama masyarakat Gorontalo,” katanya.

Pada kesempatan itu, Dinas Pangan Provinsi Gorontalo juga menakukan sosialisasi diversifikasi pangan lokal untuk mendukung ketahanan pangan nasional.

Kegiatan itu juga disertai kampanye “zero waste” atau tidak ada sampah makanan dan tidak ada pangan yang terbuang.

Pemprov setempat juga memberikan bantuan kepada kelompok pengembangan usaha pangan masyarakat dan kelompok pertanian keluarga.(Anjas)