BPBD Salurkan Bantuan ke Warga Air Buluh yang Terdampak Puting Beliung

oleh

Pangkalpinang,KRsumsel.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bangka Belitung menyalurkan bantuan kepada warga Desa Air Buluh, Kecamatan Mendo Barat, Kabupaten Bangka, yang rumahnya rusak diterjang puting beliung.

“Saat ini, personel sudah berangkat untuk menyalurkan bantuan kepada korban angin puting beliung di Desa Air Buluh,” kata Kepala BPBD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Mikron Antariksa di Pangkalpinang, Senin.

Ia mengutip laporan BPBD Kabupaten Bangka yang menyebutkan bahwa terjangan puting beliung menyebabkan setidaknya 20 rumah warga di Desa Air Buluh rusak tertimpa pohon tumbang pada Sabtu (31/10).

“Saat ini kami masih mendata kerusakan yang ditimbulkan angin puting beliung ini, namun hasil laporan sementara ada 20 rumah warga yang mengalami rusak berat, sedang, dan ringan,” katanya.

Menurut dia, rumah warga yang terdampak puting beliung rata-rata rusak bagian atapnya.

“Saat ini, kawan-kawan di lapangan sedang menyalurkan bantuan terpal dan bergotong royong memasang terpal di rumah-rumah terkena angin puting beliung tersebut,” katanya.

 “Dengan adanya kejadian ini, kami berharap masyarakat selalu waspada mengingat kondisi cuaca saat ini cukup ekstrem, yang ditandai hujan lebat disertai angin kencang dan petir,” ia menambahkan.(Anjas)